Thisismyhomework's Blog

usability principle (prinsip pendayagunaan)

Posted on: March 6, 2010


Usability merupakan salah satu faktor penting dalam IMK.disini kita harus memperhatikan indra-indra yang terdapat pada manusia kelemahan dankeunggukannya agar user tidak kesulitan dalam mengakses web yang kita buat.

Menurut Nielsen(2003), komponen-komponen yang mempengaruhi usability antara lain :
• Learnability (Kemampuan Pembelajaran)

  • Seberapa mudah memperlajari suatu sistem.
  • Seberapa cepat untuk menguasai sampai menjadi mahir.
  • Bagaimana kemampuan pemakai mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu.

• Throughput (Tolak Ukur Keluaran)

  • Seberapa cepat suatu tugas dikerjakan
  • Seberapa banyak kesalahan dan kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pemakai.
  • seberapa banyak orang yang diperlukan untuk memperbaiki kesalahan.

• Flexibility (Keluwesan)

  • Seberapa besar kecocokan sistem dengan keahlian seorang pemakai.
  • Fleksibilitas sistem diubah untuk memenuhi jalan kerja yang berbeda atau perbedaan level dari suatu keahlian.

• Attitude (Perilaku)

  • Kepuasan pemakai terhadap sistem.
  • Manfaat yang dirasakan oleh pemakai terhadap sistem.
  • Berapa lama sistem dipakai oleh pemakai.

Menurut Mandel(1994) masalah-masalah usability yang umum terjadi antara lain :

  • Visualisasi yang buruk.
  • Informasi yang bisa dibaca mengalami kerusakan.
  • Komponen yang tidak dapat dimengerti.
  • Selingan yang mengganggu.
  • Navigasi yang membingungkan.
  • Navigasi yang tidak efisien.
  • Operasi yang tidak efisien.
  • Scrolling yang berlebihan atau yang tidak efisien.
  • Informasi yang berlebihan atau terlalu banyak.
  • Rancangan yang tidak konsisten.
  • Informasi yang tidak ter-update.

Perancangan antarmuka sistem merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum membuat antarmuka. Tiga hal penting yang harus diperhatikan dari peracangan tersebut antara lain :

  • Penentuan sasaran masyarakat pemakai dan tugas-tugasnya sangat penting.
  • Desain yang baik bagi komunitas yang satu bisa tidak sesuai bagi komunitas lainnya.
  • Desain yang efisien bagi sekumpulan tugas dapat tidak efisien bagi kumpulan lainnya.

Mengacu pada hal-hal tersebut, berikut adalah langkah-langkah perancangan antarmuka sistem :

  • Tentukan pengunjung situs.
  • Pahami fungsi bisnis
  • Pahami prinsip-prinsip antarmuka dan rancangan layar yang baik.
  • Kembangkan system menu dan skema navigasi.
  • Pilih jenis windows yang tepat.
  • Pilih peralatan interksi yang tepat.
  • Pilih pengatur layar yang tepat.
  • Buat teks dan pesan yang jelas.
  • Berikan timbal balik yang efektif.
  • Berikan akses yang efektif.
  • Buat grafik, icon, dan gambar yang berguna.
  • Gunakan warna yang tepat.
  • Atur tataruang windows dan halaman.
  • Lakukan test.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

universitas gunadarma

Twitter Updates

%d bloggers like this: