Thisismyhomework's Blog

Metode Belajar matematika Anak masa kini

Posted on: September 11, 2010

Sekarang ini banyak sekali penawaran bimbingan belajar berhitung untuk dengan berbagai macam metode, namun beberapa metode yang banyak di tawarkan adalah Jaritmatika, Sempoa, dan Kmon. Berikut ini adalah saya mencoba member keterangan tentang metode –metode tersebut.

1. Jaritmatika

Metode Jaritmatika adalah metode denganmenggunakan sepuluh jari tangan.  Metode Jaritmatika Mengajak kita belajar berhitung sambil bermain. Makna setiap yel dan rumus matematika diberikan lewat yel dan nyanyian. Di Jaritmatika,jari tangan kanan digunakan untuk satuan dan jari tangan kiri digunakan untuk puluhan. Kita cukup membuka tangan kanan untuk menghitung penjumlahan dan menutup jari untuk menghitung pengurangan. Ada juga konsep teman besar dan teman kecil untuk memudahkan soal-soal perkalian dan pembagian.

Dalam Jaritmatika,angka satu dilambangkan dengan telunjuk (itu), dua (kres-gunting), tiga (cep-garpu), empat (hap-ekor ikan), Lima (jos-jempol), enam (dor-pistol), tujuh (gem-senapan), delapan (nyam-makan), Sembilan (tos antar teman). Semua istilah ini diajarkan sambil bernyanyi sehingga anak umur tiga tahun pun sudah dapat mempeajarinya. Kita juga dapat menghitung mulai dari angka puluhan hingga ribuan hanya dengan membuka dan menutup jari-jari tangan.

2. Sempoa

Metode ini mengajarkan berhitung dengan menggunakan sempoa,yaitu alat bantu dari kayu dengan jeruji berisi manik – manic yang dapat digerakan ke atas dan ke bawah. Metode berhitung ini dapat mengoptimalkan cara berpikir, khususnya fungsi otak kanan yang memuat daya analisis, daya ingat, logika, imajinasi, sekaligus kreativitas.

Metoda sempoa memakai ibu jari untuk menaikan (+) manic – manic dan jari telunjuk untuk menurunkan (-). Jeruji manic – manic menunjukan makna bilangan berbeda. Semakin kekiri, bilangan bertambah satu digit, seperti satuan, puluhan, ratusan , ribuan. Hasil hitungan dibaca dari sebelah kiri. Apabila sudah cukup lama mempelajari maka kita bisa menghitung tanpa menggunakan sempoa, kita cukup membayangkan posisi manik -manik Ada dua metoda sempoa yaitu metoda satu tangan dan metoda dua tangan.

3. KUMON

Metode ini mengajak kita mengerjakan soal hitungan secara mandiri. Metode ini dibuat untuk perseorangan dan programnya disesuaikan dengn kemapuan dan kemajuan belajar setiap anak. Tingkatan dinamai sesuai abjad, mulai dari A hingga Q

Selain itu, rangkaian soal pada lembar kerja Kumon  tersusun secara small steps. Biasanya peserta kumon akan mengerjakan puluhan soal dengan menggunakan waktu. Prinsip di kumon adalah berlatih berhitung terus – menerus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

universitas gunadarma

Twitter Updates

%d bloggers like this: