Thisismyhomework's Blog

Perangkat Keras Multimedia

Posted on: March 1, 2011

Multimedia merupakan pengolahan data berupa teks, gambar, audio, video atau animasi yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Unsur-unsur utama sistem perangkat keras multimedia antara lain adalah unit masukan (input device), unit keluaran (output device), storage (penyimpanan), dan centar processing unit (CPU). Berikut pembahasan satu-satu unsur utama tersebut secara detail.

1. Unit Masukan (Input Device)
Fungsinya :

  • Tempat memasukkan data dan program yang akan diproses.
  • Menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer multimedia.
  • Mengirim data yang sudah berbentuk bit-bit ke dalam storage (media penyimpanan).
Untuk memasukkan data ke dalam komputer multimedia dilakukan dengan :
  • Keyboard

Bentuk dasar keyboard :
  1. Alphanumeric keyboard.
  2. Special-function keyboard.
  • Alat Penuntuk (Pointing Device)

Terdiri dari :
  1. Mouse (ball, optik, wireless).
  2. Joystick (biasanya untuk game).
  3. Trackball (serupa dengan mouse, tapi dibagian atas).
  4. Trackpad (serupa dengan trackball, tapi tidak menggunakan bola melainkan pad).
  5. Trackpoint (fungsinya menyerupai joystick, tapi dioperasikan dengan ujung jari).
  6. Touchscreen (alat yang memungkinkan memasukkan data dengan menyentuh satu lokasi di layar dengan menggunakan jari atau obyek khusus yang telah disediakan).
  7. Light pen (alat seperti pena yang digunakan untuk menunjuk pada layar seperti cara jari menunjuk layar sentuh). Hanya dipakai pada Computer Aided Design / CAD dan Computer Aided Manufacturing / CAM.
  8. Digitizing tablet (alat input multimedia yang memungkinkan untuk memasukkan gambar dan sketsa ke komputer multimedia.
  9. Unit Remote Control (alat yang serupa dengan remote control pada TV).
  • Alat Input Otomatisasi Data

Fungsi :

  1. Membantu mempercepat input data ke dalam komputer multimedia.
  2. Terdiri dari teknologi pembacaan optik dan magnetik.
  • Alat Pembaca Optik

  1. Scanner (alat yang membaca data dengan menyinari dengan sinar terang di atas data, kemudian menangkap teks, citra atau gambar yang terpantul pada suatu matriks sel-sel fotoelektrik.
  • Alat Pembaca Magnetik

  1. Magnetic Ink Character Recognation / MICR (alat yang dapat membaca huruf-huruf yang ditulis dengan tinta magnetis, baik itu tulisan manusia maupun tulisan mesin).
  • Alat Input Pengenal Suara

  1. Dapat menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk digital untuk diproses.
  2. Terdiri dari 2 jenis, yaitu :
  3. Speaker dependent system (hanya mengenali satu suara saja).
  4. Speaker independent system (dapat mengenali semua pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun asalkan proses pembuatan model suaranya telah dilakukan).
  • Kamera Digital

  1. Kamera yang dapat merekam citra secara digital.
  • Camcorder

  1. Perekam elektronik yang portable, yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dapat dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV, dan komputer.
  2. Terdiri dari kamera dan recorder.
  3. Disebut juga video recorder.
  • Snappy

  1. Snappy Video Napshot adalah suatu modul penangkap gambar yang menghubungkan paralel port bagian desktop atau laptop.
  • Kamera Web (Web Cam)

  1. Kamera yang dirancang penggunaannya pada web.
  2. Dapat ditempatkan dimana saja dan dapat mentransmisikan video ke TV, VCR, atau PC.

2. Unit Keluaran (Output Device)

Fungsi :
  • Tempat keluarnya hasil proses.
  • Menerjemahkan bit-bit ke dalam kode yang dikenal media output.
Pada komputer multimedia, unit output dapat berbentuk tampilan, cetakan, grafik, suara, video, dan animasi.
  • Alat Output Tampilan

  1. Yang banyak digunakan adalah monitor atau Visual Display Unit (VDU) atau Cathode Ray Tube (CRT) atau layar tampilan (Display Screen).
  • Alat Output Cetakan

  1. Printer (menghasilkan output salinan kertas).
  2. Plotter (menghasilkan suatu gambar grafik).
  • Alat Output Grafik Presentasi

  1. Terdiri dari dua kategori, yaitu LCD Panel dan LCD Projector.
  2. LCD Panel ukurannya sebesar notebook yang digunakan untuk overhead projector. Cahaya dari overhead melewati LCD Panel dan bayangan ditampilkan pada layar.
  3. LCD Projector digunakan dengan lensa yang ada didalamnya dan sumber cahaya untuk memproyeksikan bayangan ke layar.
  • Alat Output Suara

  1. Ada dua tipe, yaitu voice response dan unit speech synthesis.
  2. Voice response digunakan untuk reproduksi suara manusia dan suara lainnya. Hasil output berupa rekaman kata, frase, musik, alarm, atau sesuatu yang dapat direkam dengan pita audio.
  3. Unit speech synthesis melakukan konversi dari data mentah ke elektronik sehingga menghasilkan suara yang dikenal dalam lingkungan mikro-komputer.

3. Penyimpanan (Storage)

  • Penyimpanan Internal

  1. Penyimpanan yang berhubungan langsung dengan CPU.
  2. Terdiri dari RAM, ROM, CMOS, Flash memory, Cache memory, dll.

 

  • Penyimpanan Eksternal

  1. Penyimpanan yang tidak berhubungan langsung dengan CPU.
  2. Terdiri dari sequential storage dan random/direct access storage.

4. Central Processing Unit (CPU)

  • Merupakan pusat kendali sistem komputer.
  • Merupakan penghubung antar input device dan output device.
  • Memberikan address data dan program.
  • Memasukkan dan mengambil data.
  • Memproses data secara aritmatik dan logik.
  • Melaksanakan instruksi-instruksi secara berturut-turut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

universitas gunadarma

Twitter Updates

%d bloggers like this: